Top Info :

Sabtu, 10 Oktober 2009

My Story Mudik Sept'09

SUASANA HATI
Baru kali ini aku merasakan bagaimana rasanya mudik setelah selama dua tahun pergi dari kampung halaman , senaaaaang buanget...& tentunya pengin beliín oleh2 buat semua orang yang kita sayang di kampung halaman.
Sayangnya harga Souvenir di Meulaboh mahal - mahal,keinginan itu harus aku kencangkan lagi cukup satu juta saja utk souvenir (songket yg biasa di pake penari2 Aceh,dompet bordir Aceh,tas santai slempang,tas tangan ukuran sedang). Dan ada sumbangan kue2 Aceh dari Pak Agus & Era (thanks ya friend...)
Alhamdullillah semua kebagian bahkan stock souvenir yg sengaja aku lebihkan masih tersisa.
Saat pertama kali sampe di Surabaya , rasa sumpek itu ada , bahkan aku sempat merasa kok lebih enak tinggal di Aceh ya...kalau pagi ada tetangga yang duduk2 di depan rumah yang siap kita ajak ngobrol/kita main kesana.
Maklum rmhku di Sby di perumahan , seandainya di kampung atau desa mungkin kondisinya tidak akan jauh beda. Panas dan Macet langsung terasa , perubahan suhu dari Aceh yg hujan ke Sby yg panas , segera membuat kondisi badan ngedrop (batuk & suara serak) , apalagi sedang puasa,pas akhir episode Ramadhan tinggal beberapa hari lagi.

Karena urusan pindah rumah sewa & Mudik ini,ibadah di Ramadhan kali ini jadi kurang maximal,tapi puasa tetep dong kudhu jalan terus.


MENGHABISKAN WAKTU DI JAWA

Berangkat jam 7 pagi sampai Surabaya jam 7 lewat,pas Isya.Dijemput sama adikku David,sekalian si bungsu Wulan juga baru pulang dari kuliah.

Kulihat adik2ku tambah gemuk saja , entah krn 2 thn nggak ketemu mungkin.
Kemudian kami buka puasa bersama di RM Cianjur.....menu yg kami pesan banyak yg sdh habis,maklum momen Ramadhan , bisnis Rumah makan lagi panen,apalagi yg lumayan punya nama kayak Cianjur ini , pasti malah banyak yg pesan utk buka puasa bersama ,malah kadang sampai nolak2 krn tmpat sdh di pesan semua.

Mau gak mau kita pesan seadanya...lele penyet lalapan , padahal tadi niatnya mau makan seafood.

Mampir dulu beli kelengkeng pesanan ayahan tercinta , ada salak pondoh sekalian dah di beli.

Sampai di rumah Gresik semua nampak sama,hanya tanaman2 aja yg sdh meninggi kurang rapi,sdh kujadwalkan rencana utk menata taman,mengganti tanah,memberi rabuk & pupuk juga membeli beberapa tanaman tambahan.

Nyampe terus sholat dan ngobrol2 sama ibuk bapak juga adik2.
Besoknya kami diminta ibu utk segera ke Surabaya , krn ayah mas Roni yg memang sdh sangat tua dari kemarin sdh menanti2.

Kami tinggal di Wiguna , kosong tdk ada barang apapun karena memang habis disewa FIF,tapi Alhamdulillah sdh bersih ,termasuk tamannya juga bersih,bersih...sih...tanpa tanaman,rencana mau kami sewakan lagi sebelum balik ke aceh lagi.

Agak bingung juga , kalau kami nginap di Gresik aku ada kegiatan (mbantuin nyokap ,apalg ada toko)tapi mas gak ada yg di kerjaín.Tapi kalau Nginap di Wiguna Mas ada kerjaán (mbenerin rmh dll) sedang aku yg gak ada kegiatan krn memang gak bisa masak2,jadi kalau gak ngenet ya jjs sama teman , kebetulan mas ngijinín.
Maklumlah kami ini gak bisa membuang waktu percuma utk gak ngapa2in,so itulah kami.

Kami habiskan waktu utk beberapa hal,berikut :
  • WISATA KULINER
  1. Makan Tahu Campur Pom bensin , makin maju eui...sampe kita bingung nyariínnya ternyata masuk ke gang dikit,sekarang ada tempat parkirnya pula...wah hebat,padahal dulu warung tenda di trotoar.
  2. Makan Sego krawu kawung Gresik
  3. Makan Sego krengsengan di warung Ijo UPN , nih tempat dari aku msh kuliah thn 1995 sampai sekarang tetep aja ruame...ngiri banget.
  4. Makan Rujak Cingur Bates yg Cobeknya sak lapangan , ibuk tua yg gemuk itu msh yg jual.
  5. Makan lontong balap dekat Rewind , si ibuk msh inget sama kami , anaknya yg dulu msh SD dan suka ngebantuin sekarang sdh besar.
  6. Makan Bakso Pojok Grsk , masih sama.
  7. Minum es Oyen alun2 Sdj , kalau ini bareng2 sama kel besar Surabaya pas habis dari rumah malang.
  8. Minum es goder SMP dekat pasar, Sabtu pagi banyak yg main bola di lapangan samping SMPN nah di situ ada jajan sekolahan,salah satunya es goder...kyk puding encer dgn kuah santan , ada sari manisnya sih..ya jelas aja la wong murah meriah...lumayan buat ngobatin kangen sama masa sekolah.
  9. Makan Soto Daging , barusan nyampek kita salaman dulu sama ibuk madura ( kyk sodara aja ),eh...dia msh inget sama kita...
  10. Makan Semangka tanpa biji (di Aceh kagak ada) ,Melon,Belewa bangkok,kami makan di Gresik , ibuk yg mbeliín,krn tahu mas suka sekali sama Melon,kalau belewa & Semangka mmg gak ada di Aceh jadi harus makan , sayang kami lupa tdk makan pepaya , pepaya Aceh rasanya aneh,lain dgn yg di Jawa.
  11. Makan bebek goreng Suroboyo rek, niatnya mau makan nasi kebuli di Ampel...eh habis..ya udah bebek deh...
  12. Makan Nasi kebuli Ampel , gak jadi kehabisan.
  13. Makan Kare Kambing jalan Semarang , belum kesampaian maybe next year.
  14. Makan Lontong kupang di Sidoarjo , yg di pertigaán,mas gak suka kupang,jadi harus cari penjual kupang yg dekat dgn jual bakso ,so aku makan kupang mas makan bakso.
  15. Makan Lontong Mie, kalau yg ini makan di Gembong aja, biar murahan tapi uenak loh..
Gara2 Wisata kuliner terus berat badan jadi nambah...nambah terus...tapi gpplah yg penting puas nyantap menu yg di kangeni , walau ada yg belum kesampaian.
  • KE BOOK STORE
Seperti sdh lama banget , padahal ya memang lama....kami ke Gramedia Basuki Rahmat, tempatnya di belakang gang dekat kantorku dulu. Terakhir sih aku lihat di alihkan ke kertajaya karena lagi proses renovasi, so sekarang sdh selesai renovnya,sudah bagus dan megah,bertingkat pula,ada cafenya , ada ruangan yg disewakan utk acara2....wah pulang - pulang Gramed makin siip... Dulu pas msh ngantor klo pas aku puasa kan gak lunch , nah kadang aku ke situ,lihat2 buku mulai buku tentang agama, ttg masakan , ttg Agro , ttg Kreatifitas ....buanyak....waktu istirahat gak mungkin cukup buat ngabisin waktu disitu ,ntar kalau bukunya ada yg aku suka baru aku beli. Masalah mbacanya,dulu itu blm tentu bisa kelar dlm waktu sebulan....tapi utk saat ini aku bisa baca semua buku yg pernah kubeli sepuas2nya. Saat ke Gramed thn ini ,aku borong buku lumayan banyak,anggap aja beli bukunya di rapel dua thn...ha..ha...ha.. buku ttg internet ,ttg krupuk ,ttg bisnis produk olahan ikan , ttg taman dari kebun....dll, mumpung lagi disini. Saking asyiknya sampai lupa waktu,mas roni sdh bolak balik ngajak pulang,padahal aku masih kerasan...ya maklum.. Ya sudah time out prittt.....akhirnya kami pulang,sampai jumpa 2 thn lg ya Gramed...
  • JUMPA KAWAN LAMA
Rencananya banyak kawan yg mau di jumpai : Teman2 LGI sekalian mampir ke kantor barunya , mau ngobrol sama Ridha temanku yang pualing suabar sedunia,sama devi,sischa pokoknya banyak rencana...tapi yg terwujud hanyalah : JJS with Elisa
Sebenarnya sama Devi juga , sayang dia berhalangan,mereka tmn kuliahku. Aku dan elisa ketemu diTP( Tunjungan Plaza ),kebetulan dia juga sedang ada janji sama temannya,lalu kami sepakat jjs ke JMP (Jembatan Merah Plaza),ngobrol banyak,kami tukar2an Souvenir,dia kasih aku dompet dari kalimantan corak dayak warnanya kuning kombinasi hitam,sebenarnya kami tdk terlalu akrab,baru2 aja setelah senasib sbg perantauan ,walau tempat rantauan kami tdk sama.Karena senasib jadi kami saling bertukar pikiran dan curhat2tan via sms/telp. Elisa traktir aku krn dia keterima dlm test CPNS di Kalimantan...ya bener2 masa depan bakal di sana kali. Pulangnya nebeng mas Alif yg ktrnya mmg ada disamping JMP. Janjian Mendadak with Selli

Pagi itu aku ngenet di rumah wiguna gak ada niat kemana-mana,buka fb eh..kebetulan Selli lg on line ...kami chatting trus janjian ketemuan n'jalan deh.
Janjian di Yakaya , rencananya mau ke TP(Tunjungan Plaza) tapi kyknya kejauhan mana macet lagi,akhirnya kami ke Royal Plaza...niatnya sih jjs + ngobrol aja ....tapi ternyata belanja juga,kami dapat batik cantik, sabuk , Aroma terapi dan makan2 deh...pas mau sholat si Selli lupa gak bawa mukena,sebenarnya di Mushola Plaza juga ada,tapi seringkali tdk terawat & bau...terpaksa deh beli baru.Kami jalan,makan sambil ngobrol banyak sekali.
Malam serasa cuepet banget...,berangkat dari rmh jam 9 pagi nyampe rumah jam setengah sembilan malam...lama juga tapi bener loh gak kerasa sama sekali.

Jumpa Niken di Rumahnya

Karena gak ada waktu lagi,terpaksa aku kerumah niken pas habis daftar antrian ke dokter,krn dpt nomernya ntar jam 10 malam , so mampir aja ke rmh Niken dulu,aku bawaín dia souvenir Aceh biar dia yg pilih sendiri , ngobrolnya jadi krg seru krn ngelihat mas sdh ngantuk di kursi teras Niken , terus kami pamit dan go ke dokter,ya...gak puas cuma sebentar,padahal buanyak yg mau diceritaín...buanyak buanget,sambil rujakán enak kali ya ngobrolnya,kayak dulu jaman2 SMA.

Dolan ke Rumah Mas Wahab

Pas mau Silaturrahmi ke rmh budhe kami ke rmh mas Wahab di lamongan ,jadi ibuk sama adikku juga ikutan. mas Wahab itu tmnnya mas Ronny,kami akrab krn dia juga ada program di Aceh.
Disamping rmhnya ada Masjid yg lantai duanya blm kelar,tnyata itu yg mbangun mas Wahab,huebat rek...dia sdh punya investasi akhirat...jadi iri aku.
Kami di beri sajian makan siang,special menunya Mangut kutuk bakar...hmm enak...rasa puedas mericanya sampai bikin kami keringetan tapi bener2 nikmat,lain hari aku akan minta resepnya.
Kami sempat sholat dhuhur jamaah di Masjidnya,jadi ngantuk habis makan,habis sholat ngobrol dikit lagi...terus lanjut ke rmh budhe.

Shoping with Iparku Neng Jum

Aku dan iparku (kakak perempuan sulung suamiku)jalan2 cari baju ke ITC dekat rmh mertua...ya lumayan,banyak juga yg akhirnya kubeli,dari kaos,blous,daster,baju tdr,dompet....banyak deh...sialnya aku sampai lupa sholat Ashar (gara2 baru selesai haid)...terus pulangnya makan di KFC.
Lumayan puas,belanjanya benar2 sdh terpuaskan,belum dink...tasnya belum.
  • KE JEMBATAN SURAMADU
Dengan naik sepeda motor kami melaju menuju jembatan Suramadu, kacamata , sleyer utk muka,helm,sarung tgn,jaket semua sdh komplit di kenakan,tdk lupa bawa 1 botol aqua uk sedang & kue buat nyemil di jalan.Udara serasa puanas banget belum masuk jembatan kami sdh kepanasan,berhenti sebentar n'beli minuman dingin...suegernya...bener2 puanas sekali Surabaya. Nyampe di lajur mau masuk loket kami sempat salah jalur (masuk jalur mobil )...untung blm jauh jadi bisa langsung balik...ndesit...ndesit...Karcis utk motor cuma Rp.3000,- dan akhirnya...go...go...go...kami melaju di jembatan Suramadu. Asli kueren banget ini jembatan...apalagi kalau melaju di lajur motor...bisa melihat laut lepas...merasakan angin semilirnya...benar juga kalau jembatan ini sempat di pakai dlm video klip lagu punya KOTAK. Dan gak heran juga kalau rencana akan di bangun jembatan yg sama penghubung Jawa - Sumatra...ngiri kali ya... Ini hebat sih,lebih murah,lebih cepat,lebih nyaman di banding naik ferry yg minta ampun,sdh mahal nunggunya lama banget. Sayangnya,jalan lanjutan jembatan itu terlalu jauuuh...dari kotanya...alamak...mana di pinggir2 jalannya masih jarang rumah lagi ...cuma satu dua...gubuk buat cangkruk aja yg ada beberapa..aku gak mbayangin kalau malam hari terus kendaraannya mogok disini...wah bisa runyam...Kalau mau putar balik ke Surabaya,jalan putarnya juga jauhhh,mungkin masih baru kali ya..sebentar lagi pasti tanah-tanah itu akan penuh toko2,tempat2 makan,pom bensin dll..mungkin pas aku mudik dua thn lagi kali ya. Motor kami melaju terus..dan terus..bablas langsung ke kota Bangkalan...menuju toko kue yg dulu kami suka beli kalau pas ke kota ini,eh...kuenya habis,but gpp ada juga kue yg lainnya. Lalu menuju Masjid Bangkalan...sholat dan istirahat disana.krucuk...krucuk...itu bunyi perut kami,is time to lunch...ada warung ruame di samping masjid...tapi males gak nyaman,ruame dan puanas..sumpek...akhirnya kami makan di jalan sekalian melaju menuju Surabaya.
  • KE DOKTER KANDUNGAN & LAB
Mumpung lagi di Jawa aku check up kandungan ,hasilnya Alhamdulillah msh baik2 aja,kata dokter gak mungkin kendala virus Tokso ,tapi aku ngotot minta surat utk test tokso ke Lab, dan mas harus test sperma lagi , jadi besoknya kami ke Lab di Siloam Surabaya,krn disana labnya terjamin baik walau mahal juga.

  • KE RUMAH MALANG & BNS
Kami sekeluarga besar Sby nginap 2 malam di Rmh malang,terus main ke BNS (Batu Night Spectakuler)tempat hiburan malam yg blm setahun di buka.Untuk yg ini kayaknya terlalu panjang kalau di ceritakan.maybe next time.
  • MAMPIR Ke KAMPUSKU
Mampir ke kampusku UPN Sby, mau legalisir,aku kira lama,ternyata pas aku tinggal sebentar beli minum...eh sudah kelar.Good..good...bener2 reformasi...walau harga legalisirnya mahal juga ( 20rb per 10 lembar legalisir),fotocopy sendiri pula.ya wis gpp,yg penting cuepet...pet.
Mau nemuin dosen waliku dulu bu Dwi Suhartini..eh kok gedungnya pindah agak jauh...dekat Fak Teknik Sipil...kalau gak di tunggu mas sih gpp,la ini di tungguin eh...kabarnya sih habis Ramadhan kemarin,dia sdh ganti penampilan alias berjilbab,wah bagus tuh bu...sayang gak sempat ngobrol sama dia.
  • Ke RUMAH SIDOARJO
Tepatnya jam 9 lebih kami ke Rmh Sidoarjo,mau minta tanda tangan perjanjian perpanjangan sewa rumah.Mampir ke toko kue beli buat oleh-oleh Pak Gunadi (penyewa).
Nyampai di depan rumah sdj...pagar terbuka tapi mobil gak ada,kami ketok2 pintu juga gak ada yg mbukaín,setelah di telp ternyata P.Gun ada undangan di Sby...ya...mas sih gak telp dulu.
Akhirnya kami ke rmh ipar msh di sidoarjo,eh lg ke Sby pula...sial deh...terpaksa pulang ke Sby...sorenya baru balik lagi...wuih capeknya.Pulangnya kami lihat ada distributor krupuk,kami beli yg 5 kg an harganya 35 rb.Rencana mau buat oleh2 mudik eh ternyata...bagasi sdh over,terpaksa kami tinggal.
  • Ke INTACO
Ke Intaco pertamakali sama mas Ronny,padahal tempatnya di luar kota/Sidoarjo,tapi rasa capek itu hilang saat melihat tas - tas bergelantungan menari - nari meminta di beli...alamak sok puitis banget.Tapi iya loh blm puas sekali kesitu,selang beberapa hari aku kesitu lagi,kali ini sama rombongan wanita - wanita cantik alias ipar2ku dan ponakanku,memang lebih asyik kalo rame2 gini,bisa sekalian minta pendapat ttg tas yg kutertarikí.Alhasil aku beli dompet dan beberapa tas lagi,
  • Ke PASAR GRESIK
Iseng2 aku berjalan sendiri ke pasar,naik angkot,sambil melihat - lihat bangunan2 di sepanjang jalan yg kulalui.SMP ku sdh di bangun bertingkat,tdk ada lagi pohon kamboja di samping kantor kepsek,tempat aku & geng kclku ngerumpi sambil nyemil saat istirahat,kami bilang itu markas kami.Pasar ini sdh tdk kotor lagi seperti dulu,sdh bagus tapi sayang toko2 banyak yg sepi,mgkn panennya kemarin pas menjelang lebaran atau pas pendaftaran anak sekolah kali ya..
Ada penjual dawet...asyik ada rujak serutnya pula,aku beli banyak2 sesuai jumlah penduduk di rmh.Jajan pasar seperti tiwul,gethuk dll tak kujumpai lagi , atau mungkin sdh pulang karena memang sdh menjelang sore.Mampir ke toko kue tradisional...dan lg2 aku borong kue , ada kue lapis,resol,kue lumpur,onde2,lemper bakar...alamak ntah bener2 serakah aku ini.
Lalu naik ke lantai dua lihat2 jilbab,ada beberapa yg cocok,ditawar,dan di beli deh.
Dalam perjalanan pulang aku tdk melihat toko bahan kue Ratna",itu"punya ortu tmnku Alm.Vonny,aku tak tahu mgkn sdh pindah.Sdh sore saat lewat alun-alun kota,rame banyak anak2 kcl dgn ortunya bermain disana,air mancurnya juga menyala,ada juga sepasang muda mudi lg ngobrol,lumayan juga bisa menyusuri jalan sambil menikmati pemandangannya,dua tahun lagi mungkin akan berubah lagi.
  • Ke CITO (City Off Tomorrow)
CITO ini salah satu Mall yg di miliki groupnya Lippo,sejak aku msh diSby,Mall inilah yg paling lama di resmikan,entah ada saja masalahnya,mungkin krn letaknya yg sangat strategis,pas di dekat bundaran Waru,disitu ada UPH juga.Jadi sekarang aku mau lihat seperti apa sih dalamnya,sama seperti Mall yg lain,kami cuma ke Matahari,lihat2 aja,ternyata di counter baju muslim ada rok kaos yg cocok saat kucoba,jadi beli 3 deh (hitam,coklat,ungu).Mas Ronny beli Jaket.

  • AMBIL JAMSOSTEK
Syarat2 sdh ku copy semua dan kubawa juga dokumen aslinya,karena takut antri lama,kami berangkat agak pagi.Ternyata tdk seperti yg saya bayangkan,mudah & gak lama,bisa di ambil di jamsostek mana saja,tdk harus di cabang tempat bukanya dulu.
Saat masuk kami sdh di sambut sama front office laki2 yg ramah dan menjelaskan ulang syarat2nya,dan meminta kami menunjukkan syarat2/dok yg sdh di bawa , setelah sdh komplit,langsung ambil nomer antri dan duduk,saat di panggil kami maju sebentar,melengkapi yg di minta lalu menunggu di proses,setelah itu di panggil di kasir,dan terima duitnya,lumayan lah bisa buat belanja2 di sini.
  • HALAL BIHALAL
Halal bihalal bkn salah satu rencana kami,tapi itu memang sdh ada setiap tahunnya.Halal bihalal dari keluarga Bani Artimin (kel ayah suami) & Bani Harjo(kel alm ibu suami) , anggotanya buanyak sekali,tiap syawal selalu bertemu tapi kami tdk hafal semuanya,cuma beberapa saja yg akrab.
  • ULTAH PERNIKAHAN KAMI
Ultah pernikahan kami cuma spontan saja,saat kami sekeluarga Gresik lagi dlm perjalanan pulang dari Silaturahmi ke kel di Lamongan,eh...ponakanku sms,kalau kel besar Sby lagi di Gresik,dan rencananya mau main ke rumah.Hari itu adalah tgl pernikahan kami,jadi spontan saja kami beli buah2an,dan nasi Krawuh khas Gresik , yg memang kesukaan ponakanku.Jadilah kami makan nasi krawuh bareng2 di selipi dgn sedikit doa yg dipimpin oleh ayahku.Cuma satu kata "Sederhana , Rame ,Khidmat , dan menyenangkan ".

Sebenarnya masih banyak , beberapa moment yg belum di ceritakan di sini , sementara cukup ini dulu.Semoga Mudik dua thn yg akan datang bisa lebih membahagiakan lagi dari yg aku ceritakan ini,Amiiin.


Tidak ada komentar: