Top Info :

Sabtu, 08 Agustus 2009

MY BISNIS


KEINGINAN & IMPIAN


Salah satu impianku adalah "Punya WARALABA tempat makan".
Entah mengapa,dari kecil aku suka sekali melihat acara Memasak di televisi,membaca majalah/koran/buku2 tentang masakan.

Apalagi klo melihat/membaca ttg profil Bisnisman yang sukses dan memulai bisnis itu dari nol sampai akhirnya punya resto & bisa bikin waralaba sendiri,huebatt puoll.....rek.
Rasanya keringat,airmata dan waktu yang telah di korbankan benar - benar berbuah muanis, semanis mangga Manalagi yang matang di pohon.

Aku berfikir dan terus berfikir,kapan aku bisa memulai utk mewujudkan impianku itu.maklumlah klo aku belum berani karena cadangan danaku ngepas(dari tabungan hasil kerjaku dulu)dan takut gagal.Aku ingin sekali bisnis pake uangku sendiri bukan pake uang suami,biar tdk ada rasa bersalah klo nanti gagal.Mungkin aku terlalu takut hingga kesannya sangat pesimis duluan.

Padahal pak Mario teguh(motivator dlm acara GOLDEN WAYS di metro tv )pernah bilang"klo mau sukses besar juga harus berani gagal yang besar , jgn cuma gagal yg kecil2 aja"

Dibalik kegagalan memang ada "Pengalaman" dan pengalaman itu tidak ada sekolahnya.itu yg bikin pengalaman itu sangat berharga.



BISNIS SATE

Suatu hari Pak Rio/teman suamiku yg dari jogja akan ada acara di kantor dan menginap di hotel.Di dekat hotel tsb ada warung Sate Madura yang selalu dia kunjungi setiap makan malam karena memang dekat dgn hotel tempat dia menginap, cuma jalan kaki 2 menit saja.

Dari dia kami dpt info bahwa warung sate tsb di jual, karena orgnya mau mudik kawin katanya.setelah kami pikir2 , kami lihat prospeknya akhirnya Suamiku membeli warung sate itu.

Saat itu kami sangat optimis bakal sukses , karena memang sdh ada pelanggannya.Kami beli dgn harga 12 juta dgn rincian yg kami dapat sbb :




  1. Bangunan Warung beratap tanpa tembok.

  2. Dua Rombong (Rombong sate & rombong utk minuman)


  3. 12 kursi santai plastik + 3 meja plastik ( 85% baru harga beli barunya @80 rb)


  4. Tiga meja kayu + 12 kursi plastik tanpa sandaran


  5. Kulkas LG dua pintu (dlm keadaan 70% bagus)


  6. Becak sepeda


  7. Pompa Air


  8. Kipas angin ukuran se TV 20"


  9. Dispenser (90% baru) + galon 1 buah


  10. Termos Nasi besar (utk sate)


  11. Tiga kompor mnyk tanah (2 besar+1 kcl)


  12. Tiga wajan (2 bsr+1 sedang)


  13. Panci besar utk masak lontong


  14. Panci kcl + panci sedang


  15. Empat buah pisau


  16. Gelas,mangkuk,piring plastik


  17. Gilingan kacang Manual besar


  18. Blender National 90% baru


  19. Magic Com 90% baru


  20. Timba/keranjang lontong/jerigen mnyk tanh/jerigen air


  21. dll

Kami estimasikan harga tsb sesuai di kota ini , Meulaboh Aceh barat , dimana harga2 barang serba mahal bahkan paling mahal dari seluruh kota2 di aceh.
Warung tsb ada di jalan Teuku umar samping hotel Meliugoh.
Sedangkan saat itu kami tinggal di Lr.Bkkbn,jarak rumah dgn warung sekitar 20 menit dgn motor/becak.



SUKA DUKA WARUNG SATEKU


Awalnya bpk madura yg bantu2 di warungku tidak ikut pulang tapi tetap bekerja pada warungku & tinggal juga makan di rumah kami, dgn gaji yang sama dgn bosnya yg dulu.

Paginya dia membantu saya bikin sate,sore s/d jam 11 malam di ikut membantu di warung.Jadi saya tinggal menambah satu pegawai lagi di warung, kebetulan keponakan temanku mau.

Memulai bisnis ini sempat membuat berat badanku turun 2 kg dlm waktu 1 minggu,karena capek berfikir & juga ikut bekerja di rumah & warung.

Pekerjaan Warung sate :


  • Belanja kebutuhan Warung
    Bahan : Daging kambing, ayam , kacang,daun,kecap,tomat dll Pelengkap : Tisue,tusuk gigi,kertas bks coklat,isi staples,plastik kresek,tusukkan sate dll

  • Bikin Lontong

  • Menfillet ayam (disini tdk jual daging ayam fillet,tapi ayam segar yg baru di potong)

  • Memotong2 daging ayam dan kambing

  • Menusukki potongan daging ( lama harus lebih dari satu org )

  • Bikin bumbu kacang

  • Bikin sambal

  • Bikin Bawang Goreng

Yang Khusus & tdk boleh telat biar gak lupa,adalah selalu mencatat pengeluaran & pemasukan,utk di rekap lagi



Capek juga,dan sempat kehabisan waktu utk suami,karena saat rame tidak ada waktu tersisa,sampai sabtu minggu pun aku turun kerja,sampai - sampai suamiku komplain dan memintaku utk tdk ikut njaga di warung,cukup membantu pekerjaan warung di rumah saja.

Jadi aku percayakan kasir warung ke keponakan tmnku itu,sambil sesekali aku ke warung atau tanya2 ke bpk madura yg ikut njaga warung.

Entah memang sudah di rencanakan atau tidak aku tidak tahu,dua bulan kemudian bpk madura minta stop kerja dan mudik pulang.

Setelah itu pelangganku mulai berkurang,mungkin inilah susahnya klo meneruskan usaha org,jualan sate madura eh org maduranya gak ada lagi,tapi tdk apalah masih lumayan dan yg pasti masih laba.

Karena sdh tdk rame lagi aku bisa kerja sendiri di rumah dan warung aku tambahkan satu org lagi.

Lama2 aku lihat org baru ini malas dan sering tdk ada kerja'an,jadi ku stop dan cukup satu org saja yg njaga warung,klo lagi rame tinggal sms dan aku akan ikut bantu di warung.

Suatu hari pegawaiku yg tggl satu ini ijin tdk masuk,kemudian tdk masukknya molor s/d 2 hari katanya capek/sakit,lalu molor lagi sampe seminggu,sampe2 aku stress di buatnya,krn klo aku jaga sendiri suami tdk akan mengijinkan krn tempatnya tidak di dekat rumah,wah...wah pelangganku mulai lari semua nih....

Aku mencoba bertahan dan tetap mengijinkan dia utk masuk njaga warung lagi,karena utk cari lagi rasanya sulit bahkan kata org mungkin akan sama saja malasnya,rencanaku nanti setelah mudik lebaran(yg rencananya 1 bln)akan kutatah lagi warungku itu,entah dipikirkan nanti saja.

Eh...suatu hari dia melakukan kesalahan yang sama utk ke dua kalinya,tidak masuk sampe molor seminggu,ya habis deh kesabaranku krn pelangganku sdh ngabur semua,akhirnya kuberi dia gaji terakhirnya dan sementara kututup dulu warungku sampe nanti sepulang mudik lebaran.

Aku msh semangat dgn bisnis ini,tapi suamiku berkeinginan menjual warung kami,ya tak apalah lumayan juga aku dpt ilmu & pengalaman siapa tahu suatu hari nanti aku bisa buka bisnis ini lagi atau juga bisnis lainnya.

Aku merasa belum gagal,karena memang masih laba,tapi ada sisi hati yg lain bilang "kamu gagal",namun anehnya setiap kali aku tahu masih ada beberapa pelangganku yg tanya sateku dan masih ada org yg pesan utk acara arisan,rasanya semangatku semakin tinggi,dan muncul semakin banyak ide di otak bisnisku ini.

Aku dpt bocoran,kebanyakan org jawa yg bisnis disini mendatangkan pegawai lgsung dari jawa,karena katanya org jawa lebih rajin bekerja.

Itulah ceritaku dari warung sateku.
Dimulai tgl 12 maret 2009 berakhir 08 juli 2009
Cukup singkat ,Insya Allah lain waktu akan kujalankan kembali.








Tidak ada komentar: