Top Info :

Jumat, 29 Januari 2010

Tentang Diet

Diet merupakan salah satu cara menurunkan berat badan.
Dulu waktu msh kuliah & ngekost aku pernah diet , diet dgn teh & dgn obat , walau org blg aku tdk gemuk , tapi menurutku bdn ini cepat sekali gemuknya,kerasa klo celana sdh mulai sesak wah itu harus benar2 diet.

Saat itu yg menurutku manjur adalah yg pake obat,aku lupa nama obatnya,pil kcl,mahal harganya entah sekarang berapa?saat itu sekitar thn 1998 satu pil utk satu kali minum tiap hari itu harganya Rp.2500 , mungki saat ini bisa sekitar sepuluh ribuan atau lebih kali ya...,tapi saat itu dgn meminum pil itu di malam hari aku tdk merasa lapar dan krn aku pilih yg plus vitamin,jadi pas bangun pagi mata tdk berat tapi tetap segar.Kabar terakhir yg kudengar beberapa thn lalu,bahwa pil elit itu harus di beli dgn resep dokter,krn katanya ada ibu hamil yg meninggal krn menkonsumsi pil itu,lagian kenapa juga hamil2 kok minum pil diet.

Setelah membaca banyak artikel ttg Diet , juga berpengalaman dgn diet , aku bisa menyimpulkan hal - hal sbb :

Manjurkah Product Diet yg Anda Konsumsi ?

  • Beberapa product diet yg sering di tawarkan : Obat,teh,jamu,mandi Sauna/uap
  • Produk diet yg di konsumsi ada yg benar2 manjur ada yang hanya mengecoh arti dari penurunan berat badan yg sebenar-benarnya.Yg penting adalah : bila setelah minum product diet tsb anda akan sering buang air kecil,berarti kemungkinan besar product tsb tdk bisa menurunkan berat badan secara benar yaitu membuang timbunan lemak , akan tetapi produk tsb berhasil menurunkan berat badan anda dgn membuang kadar air dlm tubuh.Karena 60% komposisi tubuh kita adalah air , jadi jgn sampai terkecoh dgn produk diet yg bekerja dgn sistem seperti itu atau uang anda terbuang tanpa hasil.
  • Mandi Sauna atau mandi Uap , penurunan berat badan dgn sering Mandi Sauna,prinsipnya sama yaitu menurunkan berat badan dgn mengeluarkan kandungan air dlm tubuh.dengan banyaknya keringat yg keluar maka kadar air tubuh akan turun , dan ini tdk bagus utk elastisitas kulit,kulit cenderung kering tdk segar dan kenyal,dan tentunya penampilan menjadi seperti terlihat kuyuh & menua.

Cara Diet Yang Tepat & Sehat

  • Diet yang paling cepat menurunkan kadar lemak dalam tubuh adalah : dengan tdk makan malam,atau hanya mengkonsumsi buah atau sayur secukupnya saja.Hasilnya memang cepat satu minggu mgkin bisa turun satu sampai dua kilo,tapi kadang jadi bisa sulit tidur , atau bangun dgn kondisi yg loyo.Bila kondisi tk fit malah bisa sakit,wah bila ini terjadi bknnya berat bdn malah turun tetapi malah akan semakin nambah saja.
  • Cara menurunkan berat badan dgn diet yg tepat dan sehat adalah MANAGEMEN KALORI.Dengan cara ini penurunan yg di hasilkan tdklah drastis tetapi pelan - pelan dan tdk berdampak
  • Pada prinsipnya ada 3 hal yg terjadi pada kalori yg kita konsumsi:
  1. Digunakan / di kelola
  2. Di bakar
  3. Di simpan
  • Semua makanan yg masuk ke perut kita akan di ubah menjadi kalori , tdk perduli apakah itu lemak,karbohidrat atau protein.Tubuh kita menggunakan 85% kalori yg masuk , nah pertanyaannya,kemana yang 15% nya lagi?
  • 85% kalori itu digunakanutk proses pencernaan,asimilasi & menjaga siklus metabolisme dasar dalam tubuh kita.Sedangkan yg 15%,akan hilang dalam proses termogenesis,terbakar begitu saja dlm proses alami dlam tubuh utk menghasilkan panas tubuh.
  • Nah bila yg 15% itu bisa kita naikkan presentasenya maka yg akan terbakar adalah cadangan lemak kita.Caranya : dengan tambahan kegiatan seperti olahraga.
  • Jadi intinya dengan memanagemen kalori yg masuk dgn baik,penurunan berat badan bisa terjadi.Lebih gampangya seperti ini : berapa banyak kalori yg kita makan tdk boleh lebih besar dari kegiatan yg kita kerjakan , apabila terjadi maka kita akan menimbun lemak lagi dan lagi.
  • Kalo ingin makan lebih banyak sebaiknya di pagi hari,kemudian di kurangi atau diganti tambahan protein di siang hari,dan mengkonsumsi serat di malam hari.Karena kegiatan yg kita lakukan lebih banyak di pagi dan menurun di siang,lalu kadang berhenti di malam hari.
  • Jadi berdietlah dengan tepat dan sehat , perlahan tapi akan bertahan bahkan akan menjadi gaya hidup yg lebih menyehatkan.
TIPS DIET
  1. Berhenti makan 2 atau 3 jam sebelum tidur.
  2. Tidak nyemil ( percuma kalau bilang seharian tidak makan nasi tapi nyemil )
  3. Makan secukupnya (tdk makan dalam jumlah besar)
  4. Disiplin waktu makan ( bila menunda sampai perut terasa sangat lapar akan cenderung tdk bisa menahan utk makan besar)
  5. Minum air putih yang Cukup ( min 8 gelas sehari , ingat minum akan menimbulkan rasa kenyang )
  6. Balas Dendam ( tdk ada istilah seminggu diet , sehari setelahnya balas dendam dgn makan banyak )
  7. Olahraga ( atau melakukan kegiatan phisik yg bisa membakar lemak contoh : kekantor dgn bersepeda yg sdh diikuti banyak intelektual tua & muda )
  8. Kurangi Gula ( contoh:minum juice tanpa gula& susu , krn buah itu sendiri sdh punya glukosa alami yg lebih sehat.
  9. Tdk minum Soft drink juga yg bersantan ( santan bisa di ganti dgn susu tanpa rasa , ini sdh banyak dilakukan oleh org China & jepang )
  10. Hindari Goreng2an ( apabila terpaksa , peras dulu dgn kertas atau tisue )
  11. Ganti cemilan dgn mengkonsumsi buah.
Oke demikian pengetahuan dan pengalaman yang pernah kupelajari dari penurunan berat badan dengan berdiet.Kuncinya : Disiplin dgn larangan & anjuran ttg berdiet.

Tidak ada komentar: